Demo Blog

Arti Sumpah Pemuda, menurut kami...

by Rahmatia dan Willy on Nov.22, 2009, under

Hai sobat blogger! Pada artikel ini kami akan menceritakan pendapat kami tentang Sumpah Pemuda. Hmmm, gak terasa ya ternyata udah 82 tahun sejak Sumpah Pemuda diikrarkan. Sekarang kami semakin lebih tahu makna Sumpah Pemuda itu yang sebenarnya. Menurut kami...
1.    Pertama : KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH AIR INDONESIA.
Artinya kita itu harus bangga dengan tanah air kita sendiri. Kami pun begitu. Kemanapun kami pergi, kami selalu ingat dengan tanah airku, tanah dimana kami dilahirkan, yakni tanah air Indonesia. Karena dengan kita mempunyai perasaan bangga seperti ini yang akan menguatkan jiwa kita untuk selalu membela tanah air kita ini.
2.    Kedua : KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA, MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA
Artinya sejak dilahirkan sampai sekarang ini kita hanya mempunyai satu kebangsaan, Bangsa Indonesia. Meskipun kita mempunyai beberapa suku bangsa yang berbeda-beda, misalnya Suku Melayu, Batak, Minang, Banjar, Jawa, dan lain sebagainya, kita tetap satu kebangsaan. Karena itulah, kita harus bangga mengatakan ”Aku ini orang Indonesia!”.
3.    Ketiga : KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUJUNG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.
Nah, ini dia yang agak sulit. Jujur aja, kami jarang menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih suka memakai bahasa gaul yang biasanya diambil dari bahasa asing. Namun kita sebagai putra dan putri Indonesia harus menggunakan bahasa yang satu, Bahasa Indonesia. Meskipun kita menggunakan bahasa daerah, misalnya bahasa Jawa, Minang, Melayu, dan sebagainya, itu bukan suatu masalah. Karena tetap saja semua bahasa itu milik Indonesia. Tapi alangkah baiknya kalau kita mempergunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Karena dengan mempersatukan bahasa, kita dapat lebih mudah berkomunikasi antar sesama.
Oleh karena itu, kita harus tetap mempertahankan kesatuan dan persatuan Indonesia dan kita harusselalu merasa bangga dengan apa yang kita punya saat ini : Tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.
Nah sobat blogger, itulah pendapat kami serta cara kami untuk memaknai Sumpah Pemuda ini. Apa kalian punya pendapat yang lain? Silahkan isi dikotak komentar ya! :)
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Lagu Kebangsaan

Sumpah Pemuda